RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 01
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010/ 2011
: Menginstalasi PC
: menit
|
- A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih peralatan /komponen PC secara teliti.
- Siswa dapat mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi.
- Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.
- Siswa dapat memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC.
- B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Diagram blok komupter dan fungsi masing-masing
- Jenis-jenis piranti input dan output
- Jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya
- Daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Prosedur perakitan
- Karakteristik dan tata cara penanganan komponen PC
7.Instalasi PC.
- C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
- D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Menjelaskan prosedur baku perakitan
- Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
- Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
- Menginstalasi komponen PC
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
- E. SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku pegangan siswa
- Modul MGMP sekolah
- LKS
- F. PENILAIAN
- Tehnik : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes uraian
- Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui, Ilham Tri Maulana | Padang,Oktober 2011
Guru Mata Pelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 02
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010 / 2011
: Menginstalasi PC
: menit
|
- A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat melakukan pengaturan BIOS sesuai prosedur.
- Siswa dapat melakukan pemasangan periferal pada PC sesuai prosedur.
- Siswa dapat melakukan identifikasi dari hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
- Siswa dapat mencatat dan melaporkan kegiatan perakitan, jenis komponen dan setting PC sesuai dengan SOP yang berlaku.
- Siswa dapat menunjukkan PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik.
- Siswa dapat menunjukkan PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
- Siswa dapat menunjukkan periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
- B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Setting BIOS
- Jenis dan fungsi periferal
- Memasang periferal PC
- Setting periferal
- Perakitan PC
- Pemasangan periferal
- C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
- D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Menjelaskan prosedur baku perakitan
- Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
- Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
- Menginstalasi komponen PC
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
- E. SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku pegangan siswa
- Modul MGMP sekolah
- LKS
- F. PENILAIAN
- Tehnik : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes uraian
- Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 03
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010 / 2011
: Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
: menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti.
- Siswa dapat melakukan proses instalasi sistem operasi sesuaiinstallation manual sudah dilaksanakan.
- Siswa dapat mengcopy dan mengkonfigurasi seluruh file, icon, dan folder.
- Siswa dapat memperlihatkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai denganinstallation manual.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Konsep dasar sistem operasi
- Jenis-jenis media penyimpan
- Konfigurasi hardware
- Setting BIOS
- Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
- Konsep dasar manajemen media penyimpan
- Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI
C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
- Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
- Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
- Memasang media paket instalasi sistem operasi.
- Mengatur BIOS.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi .
- Menjelaskan file, icon dan folder konfigurasi pada sistem operasi berbasis GUI.
- Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain).
- Menginstall sistem operasi berbasis GUI.
- Mengatur konfigurasi sistem operasi.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 04
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010 / 2011
: Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
: menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menjalankan Sistem Operasi secara sampling tanpaerror.
- Siswa dapat menutup Sistem Operasi tanpa error.
- Siswa dapat melakukan troubleshooting sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/report-sheet)
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Mengoperasikan sistem operasi
- Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
- Jenis laporan hasil instalasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, termasik menjalankan dan menutup sistem operasi
- Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshootingyang terjadi pada sistem operasi
- Mengecek hasil instalasi sistem operasi
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 05
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010 / 2011
: Menginstalasi Software
: menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menyiapkan paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
- Siswa dapat memahami Installation Manual software yang sudah disediakan.
- Siswa dapat menyalakan perangkat komputer, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual.
- Siswa dapat memasang dan siap diakses berbagai media paket instalasi software.
- Siswa dapat menyiapkan Log-sheet/report-sheet.
- Siswa dapat melaksanaka proses instalasi sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat mengkonfigurasi dan menyalin seluruh file dan icon (jika ada).
- Siswa dapat menunjukkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai denganInstallation Manual.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis software
- Metode instalasi
- Teknik perbaikan dan perawatan PC
- Langkah-langkah instalasi software aplikasi
- Install software aplikasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 4. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 5. Kegiatan inti :
- Memilih software secara teliti
- Menjelaskan jenis-jenis software
- Menjelaskan teknis dan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
- Mengidentifikasi-kan jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem (Misal : aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia, kompresi dan lain-lain)
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
- Menjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
- Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang terinstall
- Menginstall software aplikasi sesuai kebutuhan
- 6. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 06
SEKOLAH
MATA PELAJARAN
KLS/PROGRAM/SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
| : SMKN
: PRODUKTIF TKJ
: I/TKJ/ 1
: 2010 /2011
: Menginstalasi Software
: menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menjalankan Software secara sampling tanpa error.
- Siswa dapat menutup Software tanpa error.
- Siswa dapat melakukan Troubleshooting sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/report-sheet).
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
- Jenis laporan hasil instalasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Mengikuti prosedur pemeriksaan hasil instalasi
- Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi, termasik menjalankan dan menutup software
- Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshootingyang terjadi pada softwareMenjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
- Mengecek hasil instalasi software
- Menyusun laporan instalasi
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar