Kamis, 29 September 2011

Bahan Ajar

Materi Pelajaran lanjutan
Bahan Ajar : Ilham Tri Maulana

A.         "Destination Host Unreachable"
Jika anda menemui pesan "Destination Host Unreachable" saat melakukan tes koneksi via Command Prompt pada komputer Windows anda ,maka ada 3 masalah yang harus di perbaiki :
1. Kabel jaringan,LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung ke PC atau
perangkatnya rusak
2. HUB/SWITCH tidak di nyalakan atau rusak
3. Status "Local Area Connection" masih "Disable" pada Network Connection di
Control Panel
Penyelesaiannya :
Masalah 1 : hubungkan perangkat jaringan tersebut dengan baik pada posisinya,jika perangkat rusak maka perlu di ganti posisi PCI untuk LAN Card ke slot yang baru(jika tidak berdampak sama sekali maka gantilah dengan baru), Jika perangkat adalah Wireless USB,maka pastikan lampu indicator menyala dan coba di pindahkan ke port USB yang lain (jika tidak berdampak samasekali maka gantilah perangkat dengan yang baru).
Masalah 2 : Nyalakan HU/SWITCH dan coba pindahkan kabel jaringan komputer target ke slot yang lain ,lalu coba tes koneksi lagi.Jika tidak ada perubahan  setelah di cek dengan penyelesaian masalah 1 maka dapat di pastikan  HUB/SWITCH anda rusak,sehingga harus di perbaiki atau di ganti dengan yang baru.
Masalah 3 : Klik kanan pada Local Area Connection yang disable dengan warna abu abu lalu klik enable dan coba lakukan tes koneksi lagi.
B.         Penyebab Request Timeout :
1. pengerimpingan yang kurang bagus
2. panjang kabel yang over ( dealnya 80M , tapi dibolehkan 100m)
3. jangan melewati kabel yang bertegangan arus kuat ( kabel listrik)
4. perangkat hardware dari switch ato bisa dr NIC na
5. ada kemungkinan virus / worm
6. ada crash dengan program2 yang ad di komputer/ laptop seperti firewall, antivirus.
Perintah ping  untuk IP Address 10.1.1.1, jika kita lihat ada respon pesan Replay from No IP Address 10.1.1.1 berarti IP tersebut memberikan balasan atas perintah ping yang kita berikan. Diperoleh Informasi berapa kapasitas pengiriman dengan waktu berapa lama memberikan tanda bahwa perintah untuk menghubungkan ke  IP Address telah berjalan dengan baik.
Apabila alamat yang dihubungi tidak aktif atau tidak ada maka akan ditampilkan data Request Time Out (IP Address tidak dikenal).
Berarti komputer tersebut tidak dikenal dalam sistem jaringan, atau sedang tidak aktif. Setelah melakukan pengujian pada sistem jaringan setiap komputer telah dapat terhubung dengan baik. Sistem jaringan tersebut dapat digunakan untuk sharing data ataupun printer, modem (Internet) dan sebagainya.

C.         Ping (packet internet gopher)
adalah sebuah program yang membalas permintaan dari komputer lain melalui jaringan untuk melihat apakah sebuah komputer masih merespon. Jika ping mendapatkan balasan, berarti komputer yang dituju masih hidup atau terhubung. Ping dilakukan dengan jalan mengirimkan data dalam ukuran kecil.
Ping lazim digunakan untuk memeriksa koneksi antar komputer di dalam jaringan atau di internet.
Sebagai contoh, Anda dapat melakukan ping ke sebuah komputer dengan cara menjalankan Start > Run dan mengisikan baris perintah berikut: ping namadomain.com atau ping nomor-ip.
Misalnya ping smitdev.com atau ping 68.180.206.184 (ini contoh IP Yahoo.com). Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul baris Reply from ..., jika koneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Destination host unreachable.
Urutan Pembuatan kabel cross :
1. Putih-Hijau          1. Putih-Orange
2. Hijau                    2. Orange
3. Putih-Orange      3. Putih-Hijau
4. Biru                       4. Biru
5. Putih-Biru           5. Putih-Biru
6. Orange                6. Hijau
7.Putih-Coklat        7. Putih-Coklat
8. Coklat                   8. Coklat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar